Charles de Gaulle Airport, Paris

Terdampar di Paris dan Kompensasi delay pesawat di Uni Eropa

Liburan musim dingin kemarin saya akhiri dengan menumpang pesawat Madrid ke Amsterdam. Karena beli tiket pulang yang mendadak, tidak banyak opsi yang menarik dari segi harga dan waktu. Opsi paling memungkinkan saat itu dengan Air France-KLM, Madrid-Amsterdam transit sekitar satu jam di Paris Charles de Gaulle. Awalnya saya ragu karena kok transitnya singkat banget, tapi karena rute tadi memang connecting flight yang disarankan oleh si … Continue reading Terdampar di Paris dan Kompensasi delay pesawat di Uni Eropa

Penjual keju di openmarkt Wageningen

Hidup Hemat ala Mahasiswa di Belanda (bagian 1)

Sebagai mahasiswa perantauan, apalagi yang hidup dari uang beasiswa, hidup hemat tentu wajib hukumnya. Tentu ada banyak cara berhemat, dan tiap orang punya caranya masing – masing. Nah, kali ini saya ingin berbagi cara berhemat (ala saya tentunya), dari segi biaya makan sehari – hari, khususnya di Wageningen. Continue reading Hidup Hemat ala Mahasiswa di Belanda (bagian 1)

Kembang Telang: Kembang Saru yang Sedang Naik Daun

Pertengahan Maret lalu saya menghadiri sebuah diskusi menarik tentang pangan lokal yang diadakan oleh Komunitas Jejaring Pangan Lokal bekerja sama dengan Letusee di Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Beberapa tahun belakangan ini, komunitas – komunitas penggiat pangan lokal dan pangan sehat memang mulai berkembang di Yogya.

Berbicara tentang pangan selalu menarik dan seolah tiada habisnya. Jika dirunut lebih jauh maka pangan tidak melulu bicara tentang membuat perut kenyang dan senang (happy tummy?) tetapi juga tentang identitas suatu masyarakat, yang kemudian akan mengarah pada situasi ekonomi, sosial dan politik. Kompleks. Pernahkah terbersit di pikiran, bahwa tahu dan tempe yang selalu dijunjung sebagai penganan murah dan sehat itu nyatanya kebanyakan tidak dibuat dari kedelai lokal, melainkan keledai GMO impor asal Amerika Serikat. Atau fakta bahwa mie goreng dan berbagai gorengan yang kita makan hampir setiap hari itu juga menggunakan tepung terigu impor. It is factual yet funny, isn’t it?read more Continue reading “Kembang Telang: Kembang Saru yang Sedang Naik Daun”

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran: Machu Picchu Mini dari Gunung Kidul

Yogyakarta satu dekade yang lalu masih identik dengan wisata kota, budaya, dan belanja. Pilihan wisata alam belum terlalu banyak saat itu. Paling- paling naik ke Kaliurang, makan ikan di Pantai Depok, atau main air di Pantai Baron, Krakal, Kukup. Baru beberapa tahun belakangan ini wisata alam propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (untuk memperjelas karena cakupannya bukan di kota Jogja melainkan lebih banyak di luar kota yang … Continue reading Gunung Api Purba Nglanggeran: Machu Picchu Mini dari Gunung Kidul

Credit card

Serba Serbi Kartu Kredit

“Mbak, gimana caranya apply kartu kredit?” “Ca, kartu kredit itu system pembayarannya gimana sih?” “Ada biaya bulanan nggak, tiap bulan harus bayar berapa ya?” Pertanyaan- pertanyaan tentang kartu kredit seperti di atas seringkali ditanyakan oleh teman- teman saya. Nah, daripada bolak- balik menjelaskan, saya coba tuangkan dalam sebuah postingan blog sehingga jika ada yang bertanya lagi tinggal kasih link postingan ini. Hehe. So, it’s gonna … Continue reading Serba Serbi Kartu Kredit

Copenhagen Movie

Review Film: Copenhagen (2014)

Setahun belakangan ini saya makin penasaran dengan negara- negara di Eropa Utara, seperti Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Islandia. Akibat dari seringnya membaca postingan blog dan instagram dari para blogger yang tinggal di negara- negara tersebut, ditambah lagi tayangan berulang- ulang dari Natgeo People seperti Valentine Warner Eats Scandinavia dan Sara’s New Nordic Kitchen membuat imajinasi saya akan kehidupan di negara- negara ‘kulkas’ itu semakin … Continue reading Review Film: Copenhagen (2014)

Warung Mangut Mbah Marto

Blusukan Demi Mangut Lele Nggeneng Mbah Marto

Sebagai kota pelajar yang dipenuhi dengan anak- anak muda dari pelosok negeri dan berbagai penjuru dunia, Yogyakarta belakangan ini semakin marak dengan kafe dan restoran berkonsep modern. Tetapi daya tarik kuliner khas pedesaan Jawa nyatanya juga tak kehilangan pesonanya dalam memanjakan lidah para pelancong walaupun tempat- tempat kuliner ini biasanya mblusuk atau berada agak jauh dari pusat kota. Adalah Mangut Lele Nggeneng Mbah Marto yang … Continue reading Blusukan Demi Mangut Lele Nggeneng Mbah Marto

Medali 10K Lari Candi ke Candi Prambanan

Sensasi Lari Candi ke Candi di Prambanan bersama Teh Javana

“It is very hard in the beginning to understand that the whole idea is not to beat the other runners. Eventually you learn that the competition is against the little voice inside you that wants you to quit.” –nn– Beberapa tahun yang lalu, berlari mungkin belum menjadi pilihan lifestyle orang Indonesia, termasuk saya tentunya. Saya mah anaknya dulu nggak doyan olahraga. Zaman SMP SMA sepertinya … Continue reading Sensasi Lari Candi ke Candi di Prambanan bersama Teh Javana