Festival Ikan Bakar: Saatnya Berpesta!

Selesai ritual Sigofi Ngolo, kemeriahan belum mereda. Saatnya berpesta!!

Yap, bertepatan dengan jam makan siang, masyarakat Jailolo yang terdiri dari anak sekolah, para PNS, tentara, dan warga biasa tumpah ruah di jalan kota Jailolo sepanjang 6 km! Mereka sudah siap dengan tungku-tungku panjang dan arang untuk membakar ikan! Tak lupa sambal dabu-dabu mantah dan pisang rebus juga mereka siapkan. Sekitar 12 ton ikan segar telah panitia siapkan untuk dibagikan. Dan, festival bakar ikan kali ini masuk ke rekor MURI sebagai Festival Ikan Bakar Terpanjang di Indonesia!

Kami berjalan menyusuri tungku-tungku berasap sambil sesekali berhenti mengambil gambar atau ngobrol-ngobrol dengan warga yang sedang membakar ikan.

Image

Festival Ikan Bakar

Image

Tidak tanggung-tanggung, warga yang datang ternyata bukan dari sekitar dalam kota Jailolo saja, tetapi sampai ke kecamatan-kecamatan yang jaraknya puluhan kilometer! Aah, kebersamaan itu, sungguh semangat masyarakat pedesaan yang pastilah jarang ditemui di kota besar. Mereka sangat bersuka-cita menyambut kami, para wisatawan, selalu ramah menjelaskan ini itu yang belum saya tahu. Pun sabar sekali meladeni pertanyaan-pertanyaan sepele saya yang mungkin bagi mereka seperti pertanyaan nggak penting.

Tetapi, dalam semangat kebersamaan itu tetap saja ada yang masih kurang bijak mengendalikan emosi. Sekelompok warga yang belum mendapat jatah ikan segar, mengamuk menghancurkan tungku pembakar dan berjalan membentuk barisan sambil membawa-bawa pentungan atau bambu. Jujur, saya takut sekali. Baru sekali itu, saya berada ditengah orang-orang ngamuk. Mana tahu sendiri, imej orang-orang TImur kalo ngamuk seperti apa. Untunglah kekacauan tidak berlanjut lebih parah. Festival Ikan Bakar tetap berlanjut…!

Setelah, entah berapa kilo berjalan, saatnya menikmati ikan bakar!! Kami berhenti di stand milik tentara. Mereka langsung mempersilakan kami untuk menikmati ikan bakar, lengkap dengan pisang rebus dan sambal dabudabu! Orang lokal memang makan ikan bakar dengan pisang rebus, mereka menyebutnya pisang mulu bebek. Yummy! 2 ekor ikan bakar sukses masuk ke perut! Ikan bakar nya sederhana sekali, hanya dibumbui jeruk limau dan garam. Sedangkan sambalnya, terdiri dari campuran cabai rawit dan merah, bawang merah, tomat, dan perasan jeruk limau! Segerrrr!

Image

Image

Selesai menikmati ikan bakar, kami segera kembali ke Media Center FTJ untuk mengambil barang bawaan dan segera menuju ke penginapan. Saya acungi jempol untuk panitia FTJ ini, mereka tidak hanya menyuguhkan atraksi menarik bagi para pengunjung tetapi juga ikut memberdayakan masayarakat lokal untuk ikut berpartisipasi dalam FTJ ini. Benar-benar dari rakyat untuk rakyat! Panitia menjalin kerjasama dengan penduduk sekitar untuk menyewakan kamar kosong di rumah-rumah mereka dengan tariff Rp.100.000/malam. Untuk makan, terserah warga bisa menyajikan makan atau tidak, karena kadang ada pengunjung yang lebih suka makan diluar atau malah si warga yang tidak biasa masak sendiri. Tapi, Alhamdulillah rumah Bu Haji tempat saya tinggal bersedia menyediakan sarapan selama saya tinggal, asli masakan khas Jailolo!Sedap…

Jailolo merupakan kota kecil di Pulau Halmahera. Belum banyak penginapan dan tempat makan yang khusus disediakan untuk para pelancong. Saya kutipkan beberapa penginapan dan tempat makan yang direkomendasikan oleh panitia FTJ 2012:

  • Penginapan
  1. D’Hoek Hotel : Jl. Halte Bicara, (0922) 2159; Fan, AC, TV, Furniture
  2. Hotel Camar: Jl. Gufasa, (0922) 21100
  3. Hotel Nusantara Indah, Desa Gufasa, (0922) 21305
  4. Penginapan Melati, Jl. Gufasa, +6281356461901; Standard, fan only
  5. Namila Indah, Jl. Ki Hajar Dewantara; Fan, Furniture
  6. Amboina, Desa Akediri; Fan, AC, TV, Furniture
  7. Losmen Guemaadu, Desa Guemaadu (0922) 2221484; Fan, AC, TV, Furniture
  8. Penginapan Luwes, Jl. Halte Bicara; Fan dan AC
  9. Sidangoli Indah, Jailolo Selatan +6281340344905
  10. Handayani, Jl. Cendai (0921) 328471
  • Tempat Makan
  1. RM. Putri Jaya 1, Desa Gufasa 081340789184
  2. RM Putri Jaya 2, Desa Gufasa 081356477575
  3. RM. Mariyam, Desa Guemaadu 081340241870
  4. RM Ica Jelita, Desa Hatebicara 081356057994
  5. RM Sari Laut Yulia 99, Jl. Raya Hatebicara, 081340085949
  6. RM Goyang Lidah, Jl Raya Hatebicara 0922 21182
  7. RM Dapur Halbar, Jl. Raya Hatebicara 081340708710
  8. RM Al Fatah, Desa Konora
  9. RM Subur Jl. Jati Soakonora
  10. Amazy Chicken Crispy, Jl. Raya Hatebicara
  11. RM Latanza, Jl. Raya Hatebicara
  12. RM. Majesty, Jl. Soakonora
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s