Maluku: Si Manis dari Indonesia Timur

Saat itu, Kamis dinihari tanggal 17 Mei 2012. Saya baru saja mendarat di Bandara Hasanuddin untuk melanjutkan penerbangan subuh hari ke Ternate.  Penerbangan ke Ternate pagi itu ternyata tepat waktu (horeeee..) artinya saya bisa sampai di Ternate pagi-pagi artinya lagi saya bisa segera sampai di Jailolo dan bergabung dalam kemeriahan Festival Teluk Jailolo 2012!

Pesawat mendarat di Ternate sekitar pukul 07.30 WIT (Hey, ini pertama kalinya saya ada di zona Waktu Indonesia TImur!). Sebelum pesawat mendarat mata sudah dimanjakan dengan pemandangan gugusan pulau-pulau dan gunung tekepung laut. Indah! Dan, setelah kami turun pesawat, subhanallah, bandara Sultan Baabullah Ternate ternyata berada tepat di pinggir laut! Para penumpang yang ternyata juga para traveler yang akan ke Jailolo pun menyempatkan mengambil beberapa gambar, termasuk saya (gak mau kalah donk!he2).

Image
Bandara Sultan Baabullah, Ternate

Kesan pertama, begitu masuk ke ruang kedatangan bandara : kacau. Seperti di terminal. Orang-orang, entah penumpang, petugas, porter, numplek di satu ruangan pengambilan bagasi.  Saya sempat takut saat melihat wajah-wajah penduduk lokal yang mukanya agak2 seram (menurut saya): kulit coklat gelap, kumis, dan rahang yang tegas. Hiiii….

Setelah mengambil carrier yang saya bagasi-kan, saya segera mencari kendaraan untuk menuju Pelabuhan Dufa-Dufa, akses menuju Jailolo. Seorang bapak menawarkan kami menumpang mobil nya dengan tariff Rp.50.000,-/orang, padahal jarak dari bandara ke pelabuhan tidak sampai 10 menit. Kami sempat mencari2 orang yang mungkin juga akan menuju pelabuhan, tapi kebanyakan sudah dijemput oleh keluarga atau kerabat mereka. Kami pun memutuskan untuk berjalan keluar bandara, siapa tahu ada angkot atau ojek. Eh, tidak berapa lama ada mas2 ojek yang bersedia mengantar ke Pelabuhan, dengan tariff Rp.15.000,-/ motor setelah ditawar.

“Nama saya Raul,’’ ujar si mas2 ojek memperkenalkan diri, “seperti nama pemain sepak bola ya..” lanjutnya. bhhhh, kami pun tertawa bersamaan. Lucu dan narsis juga orang ini, saya pikir. Lalu kami mengobrol selama perjalanan ke pelabuhan. Dan, eng ing eng, saking semangatnya si Raul, sampai2 dia meninggalkan helm yang saya pakai masih di kepala saya. Wkkkkk, terpaksa saya titip ke petugas pelabuhan, semoga helm bermotif Doraemon imut itu sudah kembali ke tanganmu ya Raul. Hehe.

Kami menyebrang ke Jailolo menggunakan speedboat selama +/- 40 menit dengan tarif Rp.50.000,-/orang. Saya cukup beruntung, karena boat sudah penuh dan saya kebagian duduk di kursi luar yang artinya saya bebas memandangi pemandangan Ternate dan sekitarnya selama perjalanan! Indahhh!

Image
Meninggalkan Ternate menuju Halmahera
Image
Colorful boats!

Saya masih takjub dengan pemandangan pulau-pulau dan gunung-gunung menjulang saat saya harus segera turun karena boat sudah merapat di pelabuhan Jailolo. Pelabuhan sudah ramai, ada beberapa kapal hias sudah merapat, orang-orang juga sudah mulai berkumpul untuk ritual Sigofi Ngolo, semacam ritual bersih laut yang dipimpin oleh Sultan Jailolo langsung.

Ahh, rasanya saat itu saya merasakan kepuasan di hati. Sudah sangat lama saya ingin menjejakkan kaki di bumi Maluku. Bagi saya, Maluku itu spesial. Ia seperti anak gadis molek yang sedang mencari jati dirinya kembali. Ia pernah dipuja dan diperebutkan. Sekarang ia seperti terlupakan dan sedang mencoba mencari perhatian kembali. Dari Maluku lah, sebagian sejarah penting Indonesia mulai tertulis. The land of golden spices, begitu orang-orang asing duu menamainya. Ia yang menghasilkan rempah-rempah segala rupa yang layak disandingkan dengan emas. Tapi pesonanya tak sebatas itu saja, ia juga memiliki alam dan dunia bawah laut yang cantik, penduduk yang ramah, kuliner yang unik, serta sejarah panjang yang tak boleh terlewatkan. Aah, Maluku I’m totally in love with you!

Leave a Reply

