Yang Hangat-Hangat : Minuman Kacang Hijau

Voila! Sabtu sore kemaren tiba-tiba punya ide untuk membuat minuman kacang hijau gara-gara liat biji kacang hijau dan gula merah di rak bahan makanan sebuah supermarket. Ahay, daripada keseringan jajan minuman kacang hijau kemasan kenapa nggak coba buat sendiri saja 🙂
Dan, setelah berguru resep sama Kanjeng Google dan tanya-tanya sama Kanjeng Mami (baca: ibu) jadilah saya membuat minuman kacang hijau ala anak kosan, dengan bahan dan peralatan sesimpel mungkin, hehe..

Bahan-bahannya:
1 cup kacang hijau ( 1 cup beras rice cooker)
Gula merah (takaran menyesuaikan lidah masing-masing)
Santan (optional, pakai santan jadi tambah gurih; kalau mau praktis bisa pakai santan kemasan)
Jahe dan pandan (supaya aroma dan rasanya tambah maknyuss)
Air putih +- 1 liter

Cara membuatnya:
1. Cuci bersih kacang hijau, rendam dalam air 1-2 jam supaya lunak. Tiriskan.
2. Rebus kacang hijau dalam air mendidih sampai empuk, lalu tambahkan gula merah yang sudah disisir, pandan, dan jahe. Kalau mau bisa tambahkan santan biar lebih gurih.
3. Masak sampai kacang hijau empuk. Kadar keempukan nya sesuai selera. Kalau Kanjeng Mami dan teman2 kos saya lebih suka sampai kacangnya medhok alias pecah-pecah karena gak perlu ngeluarin banyak energi buwat ngunyah hehehe…
4. Voila, minuman kacang hijau hangat siap di slurrrppp, simpel kan 🙂

Image
Gambarnya kurang menerbitkan selera ya, hehe, tapi enak kok hehe
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s