Keliling Dunia Lewat Kartu Pos !

Kartu Pos! Siapa sih yang nggak ngerti benda pos ini. Kartu pos pernah menjadi alat komunikasi yang populer sebelum era elektronik membumi. Dulu waktu masih kecil, saya beberapa kali mengirim kuis TTS atau kuis LKS memakai kartu pos [tapi gak pernah menang 😥 ]. Sekarang, setelah sekian lama melupakan benda pos ini, baru akhir-akhir saya mulai meliriknya lagi.

Tapi kalau sekarang saya bukan berkirim kartu pos untuk jawaban TTS, tapi untuk korespondensi  dengan teman atau kenalan dari luar negeri. Ajaibnya lagi, ada satu forum khusus yang memfasilitasi para peminat kartu pos dari seluruh dunia, yaitu postcrossing. Prinsipnya mudah, kamu kirim kartu pos maka kamu juga akan menerima kartu pos. Bisa jadi, kita malah menerima kartu pos dari tempat/ negara nun jauh disana yang bahkan kita belum pernah dengar namanya. Cool kan ?

Image
Barong- kartu pos favorit untuk dikirim 🙂

Saya sendiri kenal forum postcrossing/ postcard dari Couchsurfing. Kalau di CS, biasanya ada orang yang memposting untuk menawarkan bertukar kartu pos. Nah, kita tinggal merespon saja. Atau kalau lagi iseng, bisa juga buka postingan lama dan hubungi mereka untuk bertukar kartu pos. Simpel to?!

Ada yang bilang, kayak anak kecil saja ya koleksi kartu pos. Ah masa sih, buktinya sampai kakek-kakek nenek-nenek juga banyak kok yang ngoleksi kartu pos. Kalau saya sendiri, rasanya bahagia aja bisa menerima kartu pos dari berbagi tempat di belahan dunia. Melihat gambar kartu pos yang variatif, perangkonya macam2, tulisan tangan si pengirim yang unyu2 [kadang butuh usaha ekstra buwat membaca pesannya :D], dan pesan yang dia tulis. Seneng aja membaca ceritanya tentang gambar kartu pos yang dia kirim, tentang negaranya, tentang dirinya, atau sekadar say hello dalam bahasa ibu mereka. Banyak hal yang baru saya tahu karena kartu pos yang saya terima. Rasanya sedang berkelana ke berbagai tempat di dunia, melalui kartu pos! [coba ada Lup nya si Luv ya yang bisa membawa kita ke tempat yang ada di foto *ngayal* ]

Nah, sekarang saya punya personal project buwat menuhin tembok didepan ranjang tidur saya dengan kartu pos yang saya terima, jadi puas deh ngelihat pemandangan seluruh dunia langsung ada didepan mata. hehe

Dan, dari kartu pos yang kita kirim juga bisa ikut kontribusi mengenalkan Indonesia lho, gak cuma dari sisi pariwisata aja. Kadang dari teman postcrossing akhirnya jadi akrab terus bisa saling tukar info atau cerita tentang negara masing2. Cuma modal kartu pos dan perangko ternyata ada hal simpel yang bisa kita lakukan untuk Indonesia tercinta! Jadi, mari berkirim kartu pos, happy postcrossing! 😀

Advertisements

9 thoughts on “Keliling Dunia Lewat Kartu Pos !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s