[PC] Fort Boyard & Asterix Obelix

Benteng dan laut, mereka berdua itu semacam sepatu kets sama tali nya deh. Erat tak terpisahkan. Kenapa, mungkin karena dalam sejarah benteng memang didirikan untuk pertahanan diri dari musuh yang menyerang dari laut.

Nah, kalo benteng di tepi laut udah biasa, Fort Boyard bukan lagi di tepi laut, tapi di tengah laut! Keren ya! Flo mengirimkan sebuah post card bergambar Fort Boyard dari Charente-Maritime, Prancis. Kata Kanjeng Wikipedia, Fort Boyard dibangun diantara Aix and Oléron Island untuk melindungi pelabuhan Aix Island and Rochefort. Dulu pernah dijadikan sebagai penjara, lalu sempat pula ditinggalkan tak terurus tapi sekarang menjadi aset daerah Charente Maritime.

Trimakasih Flo untuk postcardnya, kapan2 kita kesana ya 🙂

Fort Boyard, France
Fort Boyard, France

Kalo ngomongin Prancis, inget donk sama Asterix Obelix. Dulu waktu kuliah Kewarganegaraan di Fakultas Filsafat UGM, saya pernah sebelahan sama mbak-mbak mahasiswa Sastra Prancis. Waktu itu dia bawa-bawa komik Asterix Obelix penuh dengan tempelan kertas warna-warni berisi kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia. Oh, ternyata komik AO itu ditulis dalam bahasa Prancis dan mbak itu sedang belajar mengartikannya.

Pokoknya mah saya suka banget sama Asterix Obelix, dulu waktu jaman SMA saya bisa lho ketawa ngakak2 sampe keluar air mata gara-gara baca Asterix Obelix. Lucu gokil banget. Percakapan dan ilustrasinya terkesan gokil dan konyol sih. Belum lagi nama-nama tokohnya yang unik; Justomatus, Panoramix, Assurancetaurix, Cetautomatix, Malarius, Batukrejanus, dll. *ngakak dulu*

Asterix Obelix
Asterix Obelix

Nah, gambar diatas sebenernya bukan postcard sih, tapi sebuah flyer berukuran postcard dari Lembaga Indonesia Prancis Yogyakarta. Saya sukaaaa banget sama gambar flyer ini, makanya suka saya bawa-bawa buat pembatas buku sampe kucel banget (makanya gambar flyer diatas juga kucel2 kurang jelas gitu hehe).

“Kamu Penasaran dengan bahasa Asterix Obelix? ” –>> OUI, je parle français

Advertisements

3 thoughts on “[PC] Fort Boyard & Asterix Obelix

  1. sukaaaaak banget am Asterix-Obelix. paling suka kalo pada berantem…lucu..qiqi. tapi kalo dunia nyata ga lucu sama sekali ya :(. flyernya lucu, kirain td postcard 😀

  2. sukaaaak banget ama asterix obelix. paling suka kalo berantem…lucu :D. tapi klo di dunia nyata ga lucu ya :(. flyer nya bguss…kirain postcard 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s