Usia dan Waktu

G : “ Lhoh Ros, kamu ke Ternate to?”

R : “Hehe. Iya Gal. Tugas Negara.”

G : “Yah, padahal aku mau ke Makassar, mbalikin karet rambutmu. Ha3.”

Pesan BBM itu masih ada sejak tiga minggu lalu, terakhir kali kami berkomunikasi. Tiba-tiba sebuah kabar mengejutkan datang mengabarkan bahwa dia mengalami kecelakaan di Jakarta karena dijambret. Terkejut dan panik.  Kami panik mencari kontak keluarga yang bisa dihubungi. Sedangkan kabar dari Jakarta masih simpang siur. Bagaimana kondisinya. Siapa yang menemaninya.

Saya cuma tak habis pikir. Kenapa masih saja ada orang yang tega mengorbankan keselamatan orang lain demi memenuhi kebutuhannya akan uang. Ya, dia jatuh dari motor karena seorang penjambret berusaha menarik tasnya, mencoba merebut harta yang bukan haknya. Saya memang tak tahu apa latar belakang penjambret itu melakukan tindakan brutal yang membahayakan nyawa. Apakah ia memang terdesak akan kebutuhan hidupnya, mungkin keluarganya sangat butuh uang, atau sekedar butuh uang untuk hura-hura. Wallahuallam. Yang pasti saya kesal dan benci setengah mati kalau usaha cari duit jadi tindakan yang membahayakan orang. Ini urusan nyawa, bung!

Dua minggu berlalu sejak kecelakaan yang menimpanya terjadi. Dia belum juga sadar. Rupanya luka di kepalanya lumayan serius: pembengkakan dan pendarahan otak. Keadaannya  belum juga membaik, malah bisa dibilang memburuk. Alhamdulilah, rekan kerja semua ibarat terikat tali persaudaraan yang kuat. Broadcast message yang mengabarkan musibah ini segera merebak memenuhi grup dan kontak, bahkan ada yang langsung inisiatif menggalang dana untuk membantu biaya rumah sakit.

Setiap hari kami selalu mencari update kondisinya. Berharap dia dapat sehat kembali. Tiba-tiba saya kangeeen sekali sama dia. Kami memang tidak terlalu dekat, berteman biasanya saja. Dia itu lucu, kocak,cara ngomongnya, tingkah lakunya. Pokoknya saya bisa ketawa ngakak kalau ingat tingkah lakunya.

Sekali saya main ke Sengkang, tempatnya bertugas. Menjelajah Sengkang saat itu ternyata menjadi perjalanan pertama dan terakhir kami bersama. Jalan-jalan bareng, makan ikan di tengah Danau Tempe, dikasih ikan sekarung sama petani di danau, foto-foto (hampir di setiap spot dia minta difoto), main-main sama Icha (anaknya temen kantor, umur 3 bulan). Pokoknya seru!

Kalau dia ke Makassar, biasanya nginap di kamar teman saya. Terakhir dia ke Makassar, dia menginap di kamarku, tapi saya harus meninggalkannya karena ada urusan di Kendari. Dan ternyata, hari itu pun menjadi saat terakhir kami bertemu dan bercanda 😦

Senin pagi 18 Maret 2013, 2 hari sebelum hari lahirnya, berita yang tak pernah kami harapkan itu datang juga. Dia sudah tiada. Tubuhnya sudah menyerah, Tuhan telah memanggilnya. Innalillahi. Antara percaya dan tidak, Galih sudah tiada Tuhan. Sedihhhhh sekali. Ahhh, Galih kenapa cepat sekali! Ah sudahlah, semoga ini memang yang terbaik buwat kamu ya Gal, daripada menahan sakit lebih lama 😦

Usia dan waktu siapa yang tau. Usia memang misteri. Waktu itu bagai dua sisi mata uang; teman dan musuh. Siapa yang tau siapa hidup lebih lama dari siapa.

di Peternakan Ulat Sutra-Sengkang, Sept. 2012
di Peternakan Ulat Sutra-Sengkang, Sept. 2012

DSC_0800

Galih Kirana Wulandari
Galih Kirana Wulandari

Galih Kirana Wulandari, 20 Maret 2013, Selamat Ulang Tahun Galih. Semoga seluruh amal dan kebaikanmu membawamu ke jalan yang terang. Trimakasih untuk pertemanan kita, trimakasih untuk canda dan gurauan riangmu, trimakasih untuk memori indah selama ini ya. Selamat istirahat Galih, we always love you. We always miss you 🙂

*) In Memoriam of Galih Kirana Wulandari – FE UGM 2005, ODP BNI Batch 44, PPM BNI Sengkang.

Advertisements

6 thoughts on “Usia dan Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s