Berkeliling Kota Tambang Sorowako, Kenapa Tidak?!

Pernah dengar tentang Sorowako nggak? Atau INCO? Atau Vale? Belum ngeh juga ya, kalau logam nikel tahu kan ya. Yep, Sorowako adalah bagian dari Kecamatan Nuha, yang terletak di Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu penghasil nikel utama didunia. Saat ini, kegiatan penambangan nikel di Sorowako dikelola oleh Vale Indonesia (dulu INCO), anak perusahaan multinasional Vale yang berkantor pusat di Brazil.

Pada mulanya saya juga belum ngeh kok dengan kota tambang yang satu ini, sampai sekitar setahun lalu saya ketemu Jenny (travenesia) dan dia cerita banyak banget tentang pengalamannya magang dan tinggal di Sorowako sana. Waktu itu saya belum kebayang seperti apa ya kota tambang itu, secara seumur hidup saya tinggal di Jawa dan nggak pernah sekalipun dengar tentang site tambang.

Akhirnya, akhir Maret 2013 lalu, setelah aksi heroik  ketinggalan bus Makassar-Sorowako, sampailah kami di kota kecil dengan aktivitas tambang yang sibuk: Sorowako. FYI, akses untuk menuju Sorowako dari kota Makassar bisa dengan dua jalur: bus atau pesawat. Bus Makassar-Sorowako rata-rata berangkat jam 16.30 dan 18.30 atau 19.00 WITA dengan waktu tempuh +- 12 jam . Kalau ketinggalan, berarti harus cari bis yang berhenti di tempat terdekat dari Sorowako, yaitu Mangkutana atau Malili, lalu dilanjutkan dengan angkutan Panther (semacam omprengan begitu).

Menurut pengamatan saya (pengamatan yang sangat sekilas, karena hanya 2 hari di Sorowako), Sorowako itu identik dengan tambang dan Vale. Sebagian wilayahnya masih berupa hutan dan bukit pegunungan Verbeek yang pastinya mengandung deposit nikel yang sangat besar.

Pantai Ide- Danau Matano
Pantai Ide- Danau Matano

Kegiatan Pengolahan Nikel yang terlihat dari jalan utama Sorowako
Kegiatan Pengolahan Nikel yang terlihat dari jalan utama Sorowako
Bagi orang luar Sorowako, melihat lingkungan tambang Sorowako dengan kompleks perumahan yang mirip di luar negeri dengan rumah panggung berbahan kayu, halaman luas, dan lingkungan yang bersih, pasti menarik! Selain itu, Sorowako juga lekat dengan danau Matano, selain reputasi nya sebagai salah satu danau terdalam di dunia, Danau Matano juga merupakan sumber air tawar utama bagi masyarakat sekitar Sorowako dan menjadi salah satu pusat tempat rekreasi bagi warga masyarakat sekitar untuk menghilangkan jenuh setelah lelah dengan rutinitas.

Dan siapa pula yang menyangka, di sebuah desa kecil di pinggir Danau Matano sana, pada masa beberapa abad lalu pernah menjadi supplier utama senjata logam seperti tombak, pedang, baju zirah untuk Kerajaan Majapahit di ranah Jawa. Sorowako memang sesuatu bukan!

Desa Matano, Pantai Ide, Kompleks Perumahan Vale, Mata Air Bora-Bora, Air Terjun Mata Buntu, Wallacea Sawerigading Mining Park adalah beberapa hal yang bisa kita kunjungi selama berkeliling Sorowako. Selanjutnya akan dibahas di postingan selanjutnya ya 🙂

Notes:

– Ada beberapa bus yang melayani rute Makassar-Sorowako pp (tapi tidak semua bus melayani rute ini, ada yang sebagian hanya sampai Mangkutana atau Malili saja), antara lain: Litha (0411 – 442263), Liman (0411 – 458405), Mega Mas (0411- 586098 / 081243486243). Harga tiket berkisar Rp.135-140 ribu sekali jalan.

– Ada beberapa penginapan yang tersedia di Sorowako, bisa dipilih sesuaii budget. Saya sendiri menginap di Pondok Abadi Guest House dengan harga per kamar per malam Rp.100-150 ribu.

Advertisements

5 thoughts on “Berkeliling Kota Tambang Sorowako, Kenapa Tidak?!

  1. Kebetulan saya baru saja di mutasi ke Sorowako, semula saya pikir ini kota rehabilitasi, karena kebiasaan di makassar tidak bisa di bawa ke sini… tapi selang 1-2 minggu, ternyata seperti hidup di luar negri, jauh dari kebisingan kota, kemacetan, hiruk pikuk lalu lintas, kejahatan dll…. kota yang luar biasa…tapi kalo masih bujangan kalo gak mencari teman akan merasa bosan tinggal disini… kapan keliling sorowakolagi?

    1. iya, kotanya kecil dan tenang. mungkin klo tinggalnya sama keluarga masih oke, tp klo masih pada single mungkin ya cepet bosen kcuali memang yg suka suasana desa dan tenang hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s