Tarif Kirim Kartu Pos dari Makassar

Pernah nggak kebingungan mau nempel perangko berapaan saat akan mengirim kartu pos?

Saya pernah punya pengalaman nggak enak sama petugas kantor pos sewaktu akan mengirim kartu pos ke luar negeri. Waktu itu, saya masih cupu dalam dunia postcrossing jadi saya belum tau berapa tarif kirim kartu pos ke luar negeri. Jadilah saya dengan patuhnya mengikuti saran dari mbak-mbak petugas pos yaitu Rp.10 ribu ke semua tujuan. Sempat ragu juga sih sebenarnya, masa iya mau kirim ke Malaysia dan ke Inggris sana harganya sama padahal jaraknya kan beda jauh.

Sebelum kirim kartu pos tahap kedua, saya iseng-iseng cari info dari internet tentang tarif berkirim kartu pos dan baru tau kalau ternyata banyak juga postcrosser dari Indonesia, dan menulis blog. Yeayyy! Salah satu nya blognya mbak Nanien. Tapi kebanyakan ngitung tarifnya dari area Jakarta dan sekitarnya, dan belum nemu tarif dari Makassar.

Berdasarkan pengalaman, mereka biasanya nempel perangko Rp.3ribuan untuk tujuan Asia, Rp.4ribuan untuk Eropa, dan Rp.5ribuan untuk Amerika.

Besoknya saya ke kantor pos dengan lebih nggak cupu karena sudah dapat bekal ilmu tarif kirim perangko dari internet. Waktu itu saya sudah tempel perangko Rp. 5 ribu ke semua tujuan baik yang ke Eropa, Asia, dan Amerika. Dan, yak sayanya malah dimarahin dan dijudesin donk sama mbak-mbak petugas kantor pos nya, huhuhu.

Dia nya kekeuh kalau kirim kartu pos ke luar negri harus pakai perangko minimal Rp. 10 ribu dan nggak mau terima kalau saya nggak tempel perangko Rp. 10 ribu. Saya coba minta daftar tarif resmi dari kantor pos, dia nya nggak bisa kasih atau mungkin lagi malas cari. Trus, saya jelaskan pengalaman postcrosser dari Jawa yang berkirim kartu pos dengan tarif tertentu. Mbaknya bilang, pasti lebih mahal dari Makassar karena semua kartu pos yang dari Makassar harus di kumpul dulu di Jakarta baru dikirim ke luar negri. Iya, betul juga yang mbaknya bilang, tapi masa ya bedanya bisa 2x lipat.

Lalu datanglah mas-mas petugas kantor pos yang lain, yang lebih muda dan baik hati karena mau menerima curhatan saya. *alah* Akhirnya mas-mas ini mengijinkan saya mengeposkan kartu pos saya yang cuma ditempel perangko Rp. 5ribuan. Tapi, dia nggak bisa jamin mereka akan sampai ke tujuan atau tidak. Sempat keder juga mendengar pernyataan masnya ini. Tapi saya bilang, nggak apa2 sekalian saya mau coba-coba. Kalau tidak sampai ya berarti perangkonya memang kurang πŸ™‚

Dan setelah beberapa kali mengirim kartu pos dengan tariff coba-coba, inilah hasilnya tarif berkirim kartu pos dari Kota Makassar:

ASIA : Malaysia, Phillipine, India, China, Arab, Turki, Taiwan –@ Rp.5000,-.
EROPA : Polandia, Inggris, Belanda, Jerman, Ukraina –Rp.5.000,-.
Russia – Rp.10.000,- (butuh >1 bulan untuk sampai ke tujuan)
AMERIKA : US, Canada–Rp.5000,-.
AFRIKA : Tunisia, Maroko –Rp.5000

Intinya, dari Makassar dengan perangko Rp.5ribuan masih bisa sampai ke luar negri kok. Bisa juga untuk Asia mungkin di kasih lebih murah, tetapi waktu itu saya cuma punya stok perangko yang Rp.2.500 an. Tapi kalau untuk negara yang agak jauh atau letaknya terpencil (menurut kita) saya kasih perangko lebih, tapi nggak pernah lebih dari Rp. 10 ribu.

Yang saya surprised, pernah saya kirim kartu pos ke Sheffield, UK dengan perangko Rp. 5 ribu, 8 hari kemudian Wency, si penerima kartu pos saya ini langsung posting di FB. Dan dia bilang bahwa kartu pos saya itu malahan sampai beberapa hari sebelum dia posting. Lhah, cepat banget kan, nggak ada 1 minggu buwat nyampe ke Inggris sana.

Btw Saya suka banget sama Batik card motif becak dari Lombok ini. he2
Btw Saya suka banget sama Batik card motif becak dari Lombok ini. he2

Ayok siapa punya pengalaman dengan tarif berkirim kartu pos khususnya yang dari daerah? Yok di share yok…:D

Advertisements

37 thoughts on “Tarif Kirim Kartu Pos dari Makassar

      1. bisa dari koleksi foto atau bisa juga, postcard dari kain gitu mbak, kayak batik card yang diatas itu. Itu cuma kain batik gambar becak ditempel dikarton..sukaaa..

        mb noni mau aku kirimin kartu dari Makassar?

  1. Gimana ya caranya bikin petugas kantor pos ini mau kasih informasi yang bener? Kayaknya dimana-mana sama aja. Semua tarif dipukul rata. Bahkan mbak Dian (http://awardeean.wordpress.com) awalnya ‘dipaksa’ untuk pake perangko 25 ribu!

    Di palembang juga gitu tuh. Aku juga sempet ngotot-ngototan sama petugas pos. Begitu dikasih tahu kalo tarif kirim postcard itu sekian ribu, dia nantang, “kamu dapet darimana?” Kubilang aja dari situs resmi PT. Pos Indonesia. Eh dia ngotot lagi, “itu tarif lama kali!” nggak kok baru diperbaharui Agustus 2012. Gak mungkin dong tarifnya ganti tiap bulan. Dibilang gitu baru deh ngelempem.

    Jadi sekarang, mau kemana aja aku pukul rata 5 ribu, Memang ada sih yang ke Rusia satu belom sampe. Tapi kayaknya karena memang Rusia terkenal payah posnya hehe.

    1. Kayaknya kita sama2 pnh punya ngotot2an sama pegawai pos ya. Gak tau memang nggak ada panduan resmi dari mereka atau mereka nya yang males ya. Uhhh rasanya puasss waktu bilang ke mereka kalo kmaren abis ngirim kartu ke Eropa Amerika pake prangko Rp. 5 ribu nyampe tuh. Bayangin kalo kita ttp pake Rp.10 ribuan, rugi 2x lipat kan…

      Iya tuh, yang ke Rusia butuh 1 bulan lebih baru sampe. Pernah kirim ke Serbia dari akhir Feb. malah belum nyampe juga. Pnh punya pnglaman kmana lg yg butuh lbh lama nggak om?

      1. Baru ke Rusia itu aja hahahaha… tiap kali mau request alamat baru aku deg-degan, jangan sampe dapet Rusia dan negara-negara di sekitarnya hahahaha

    2. Jadi keinget jaman ngotot2an sama mbak2 petugas kantor Pos πŸ˜€ Udah jelasin ttg pengalaman teman yg lain dan kasih lihat daftar harga, tetep saja ditolak dan dikenakan tarif 25ribu. Untungnya waktu itu pas pulang kampung ke desa, iseng2 masukin kartu pos berperangko dari sana dan langsung diterima petugas posnya tanpa babibu.
      Ternyata perangko 5ribu itu “cuma” butuh waktu 2 minggu buat sampe ke Belanda, padahal dulu yg perangko 25ribu butuh waktu sebulan lebih 😦 *antara seneng dan nyesel*

      1. Hihihi klo kita udah yakin sama tarif prangko yang kita kirim klo ke kantor pos lgsg aja ksh kartu posnya ke petugas, trus ngacir mbak πŸ˜€ biar nggak kena protes sm petugas..kita swap postcard yuk mbak dian…

      2. Wah klo ditinggal ngacir aku ga berani hahhahhahaaa, takut petugasnya mangkel trus kartu posnya ndak dikirim *cekikikan*
        Akhirnya lebih milih survey beberapa kantor pos, dan ternyata dapet murah di kantor pos desa.

        Yuukkk swap2an.
        Minta alamatnya dong Rosa πŸ˜€

  2. andai aja…aq bisa jadi langsing kyak kartu pos mbak yoh…mau keliling dunia biaya murah kyak naek angkot…ENAAK!!hahahahaaa,,jauh deket gak sampek 10rb…(gak sah nggandol dipesawat) :p

  3. Halo!:D mba tinggal di makassar ya? Kirim postcard nya lewat kantor pos mana ya? yang di jalan pettarani bukan? Terus, kalo beli postcardnya dimana? Aku berminat postcrossing nih πŸ˜€ terimakasih sebelumnya^^

    1. Aku kirimnya di kantor pos besar yg di jl slamet riyadi. Klo postcard2 biasa ak biasa beli di toko buku di bandara2/ gramedia. Klo yg unik2 bisa beli online. Di instagram ada namanya: haloposnesia. Atau bikin sendiri jg bisa kok. Happy postcrossing πŸ™‚

      1. Aku tinggalnya di makassar juga, tp nyari di gramed susah banget. Aku tanya mas/mba disitu yg jaga, katanya udah gada. Ujung2nya beli online nih kalo gitu huhuhu. Omong2 makasih ya rekomennya!:D

    1. Klo kartu pos g pake diamplopin kok. Ya cuma kartu posnya aja (minusnya, pesan kita jd bisa kebaca2 ya). Klo mau lbh privat bisa dimasukin ke amplop, tp prangko ditempelnya di amplop nya ya bukan di postcardnya πŸ™‚

      Smg membantu πŸ™‚

      1. Mba Rosa, sy dari Makassar juga sempat bingung ini buat cari kartu pos, soalnya ada teman yg minta dikirimkan, tarifnya smpe skarang masih sama ya? Dimana dapat kartunya, yg kubeli di Slamat Riyadi jelek skali kartunya 😭😭

      2. Hi vega.
        Sy kurang update utk tarif, krn sy sudah g di makassar. Coba tanya ke kantor pos ya.
        Klo kartupos khas Sulsel dulu sy biasa dapat di kantorpos n bandara,. Tp mmg stok foto lama bgt. Klo yg khas edisi Indonesia sy biasa dapat di periplus di bandara spt di jakarta/ bali/ sby. Bisa jg beli online byk kok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s