Bulukumba: Snorkeling Di Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing Yoook!

Siapa yang mampu memungkiri keindahan alam bawah laut Indonesia? Tak perlu ke Raja Ampat atau Wakatobi yang memang sudah jadi destinasi impian para penikmat alam bawah laut. Kamu yang tinggal di Makassar, atau sedang ada di Makassar boleh lho merapat sebentar ke Tanjung Bira. Ada Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing yang bisa kamu nikmati pesona bawah lautnya.

Selain pantai pasir putih yang lembut, kecantikan bawah lautnya juga sangat mempesona lho! Snorkeling spot yang sudah sangat terkenal adalah di Pulau Liukang Loe, yang berada tepat didepan pantai Bira. Sedangkan Pulau Kambing lebih terkenal sebagai diving spot. Di tepi pantai banyak lapak yang menyewakan perahu motor dan speed boat sekaligus alat-alat snorkling dan juga watersports yang bisa kita gunakan jasanya. Menurut pengalaman saya dan teman-teman, harga yang ditawarkan sudah cukup rasional kok jadi kalau nawar jangan sadis-sadis amat ya. Hehe.

Pulau Liukang Loe terletak persis di depan Pantai Bira, cuma butuh sekitar 15-30 menit menggunakan perahu untuk mencapai spot snorkling. Kondisi terumbu karangnya masih relatif lebih terjaga lho, cantik-cantik, bentuknya bervariasi mulai dari anemon warna-warni, karang yang seperti pohon natal, yang bentuknya seperti otak, dan masih banyak lagi. Kami cukup beruntung, setiap kali snorkling pasti bertemu makhluk baru seperti moray eel, lion fish, dan ikan-ikan cute warna-warni seperti di gambar bawah ini. Tapi sayangnya beberapa spot juga sudah rusak oleh bom ikan, terlihat dari terumbu karang yang hancur dan bewarna putih.

Mas Angki - guru freediving saya. Asli ini posenya cool abis ya! - Pulau Liukang Loe
Mas Angki – guru freediving saya. Asli ini posenya cool abis ya! – Pulau Liukang Loe
Mas Werdhi with the fish!- Liukang Loe
Mas Werdhi with the fish!- Liukang Loe
Do you see itt? Yes, Moray eel ! - Pulau Liukang Loe
Do you see it? Yes, Moray eel ! – Pulau Liukang Loe

Setelah puas snorklingan, kita bisa juga mampir di Pulau Liukang Loe. Terdapat penginapan dan restoran yang bisa kita manfaatkan untuk leyeh-leyeh dan menikmati seafood yummy. Tapi saya nya malah belum pernah mampir, karena pasti udah capek muter-muter liat ikan dan karang, jadi biasanya langsung pulang ke Bira atau mampir ke Pantai Bara.

Saya dan teman-teman sudah beberapa kali snorkling di Pulau Liukang Loe, jadi kami berniat ekpansi pengalaman ke Pulau Kambing. Pulau Kambing ini letaknya bersebelahan dengan pulau Liukang. Kenapa dinamakan pulau Kambing, saya sendiri juga kurang yakin. Ada yang bilang di pulau ini penduduk biasa angon (menggembala-red) kambing. Ada juga yang bilang di pulau ini banyak yang sedang mencari ilmu ghaib (lhah apa hubungannya dengan kambing ya). Pulau ini berbentuk tebing yang menjulang tinggi, bukan pantai pasir seperti biasa.

Lokasi snorkeling biasanya di dekat tebing dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Pemandangan di bawah memang luar biasa, lebih berwarna-warni tetapi arusnya lumayan keras sehingga seringkali kami terombang-ambing di permukaan. Jadi hari-hati ya kalau snorkling di daerah ini. Badan jadi cepat capek karena kita harus mempertahankan diri supaya tidak terhempas arus.

 Damba dan Tebing Pulau Kambing -Tanjung Bira
Damba dan Tebing Pulau Kambing -Tanjung Bira
Terumbu Karang Pulau Kambing
Terumbu Karang Pulau Kambing

Terumbu karang dan ikan biru ini adalah salah satu pemandangan favorit saya. Cantikkkk banget, ikan-ikan biru kecil ini selalu berenang di atas karang itu. Saat tangan kita menghalau arus, ikan-ikan ini hanya akan bergerak ke kanan dan ke kiri, tapi tidak pernah lari dari atas karang. Selain itu di dasar laut ada banyak teripang lho! Dibuat keripik teripang enak kali ya. hihihi

Terumbu Karang Pulau Kambing
Terumbu Karang Pulau Kambing

4.tj bira2

Kalau belum puas snorkling bisa juga lho mencoba diving di sekitar pulau Kambing atau Pulau Liukang. Sudah ada operator diving di Tanjung Bira seperti Bira Divers yang berlokasi di pantai Bira yang menawarkan berbagai macam paket diving dengan banyak spot diving yang pastinya seru seperti shark point, manta point, turtle point, fish market, mola-mola point, dll. Aaaah, jadi gak sabaran ambil diving licence deh.. *nabung-nabung*

103__300x_kamping-island

Diving Spot di Pulau Liukang dan Pulau Kambing. Gambar dari sini
Diving Sites di Pulau Liukang dan Pulau Kambing. Gambar dari sini

Konon katanya, didekat pulau Kambing ini ada semacam air terjun di bawah laut sehingga menyebabkan arus dalam yang lumayan kuat. Makanya jika tidak hati-hati penyelam yang sedang asik menikmati dunia bawah laut bisa terseret arus ini. Jadi, tetep ya, dimana pun kapan pun secantik apa pun dunia bawah laut, safety tetap nomor 1 ya 🙂

Selamat penasaran, dan selamat menikmati Tanjung Bira 🙂

Catatan:

*) Credit photo by The Gosong Junkies.

Advertisements

14 thoughts on “Bulukumba: Snorkeling Di Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing Yoook!

  1. Mbak Rosa bisa bantu, anak saya mau ke Tanjung Bira dengan teman teman sekolahnya . dan mereka perlu menyewa alat snorkeling 10 set tgl. 16 Mei. bisa bantu ? ini no hp saya : 081337722063

    1. Ibu tinggal dimana bu? Kalau sewa alat snorklingnya bisa lgsg di tanjung bira nya bu. Ini nomor kontak sewa prahu skaligus nyewain alat2 snorkling pak syamsul 082193913862

      1. Malam bu Rosa,
        saya ingin memanfaatkan waktu luang saya untuk diving di tanjung bira, bisa kasih saran operator dive yg sewain alat sekalian buddynya? Karena saya nggak sama rombongan?Tks

    1. Thx feb! Iya ntr sewa kapal tuh, bpknya uda ngerti kok spot2 mana yg bisa buat snorkling. Ati2 klo di depan kambing arusnya agak kenceng, klo yg dpn liukang relatif lbh tenang. Puas deh tu mandang yg birunya laut sama langit, perfecto

      1. Udah biasa snorkling kan feb? Syg sih klo g k kambing hehe. Kece disitu, lbh padet n meriah.
        Ak trakhir kesana juni 2014 waktu harga bbm blm segonjang ganjing skrg, ekonomi jg blm reses mcm skrg. Klo g slh sewa kapal kayu 250-300. Mgkn bgt harga uda naik y. Pilihannya ada 2, pake kapal kayu atau pake speed. Lbh mahal yg speed, tp cpt sampe. Harganya kadang dipaket sm banana boat n sewa alat. Klo cm pake kapal aja brati jauh lbh murah. Oya, klo balik dr liukang selalu dpt ombak tinggi, bhkn tmn2 cowo ku pd hoek2 donk. Be prepared ya.

      2. gak biasa, td diceritain temen jg arusnya agak kenceng, biasanya snorkeling di teluk2 gitu jd tenang. hehe
        oh iya, dpt info jg harganya sgitu, bbrp bulan lalu padahal.
        berarti balik sore ya itu dapet arus tinggi?

      3. Biasanya sih siang antara jam 1 maks jam3 baliknya feb. Puas2in ngambang2 nyelem2 nya hehehe.
        Ksana bulan apa? Bulan menentukan view n ombak lho hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s