Ide Untuk Suvenir Perpisahan

Semenjak bekerja dan tinggal di Makassar, saya punya banyak teman- teman sepermainan yang juga pekerja kantoran dan berasal dari perusahaan yang berbeda- beda. Seperti saya, kebanyakan dari mereka juga adalah pendatang di kota Makassar.

Bisa mengenal mereka, beraktivitas bersama, bertualang dalam hobi yang sama, sampai ramai- ramai mengadakan kegiatan social merupakan hal- hal mengasyikkan yang pasti akan saya rindukan jika nanti saya tak lagi bersama mereka.

Saya ingat seorang teman pernah berujar, “kalau kamu harus tinggal di suatu tempat yang jauh dari teman dan keluarga. Dan itu membuatmu kurang nyaman, maka buatlah ‘keluarga baru’ di tempat barumu itu.”

Yes, di Makassar saya punya beberapa ‘keluarga baru’ seperti Celebes Rangers (ini kumpulan perantau di Makassar, lalu karena lebih sering aktif di kegiatan sosial kemudian berubah menjadi Celebes Philantrophy), The Gosong Junkies (I chose the name. Haha. Karena kita semua hobi main ke pulau, snorkeling dan freediving lalu menjadi gosong. Menjadi gosong adalah semacam guilty pleasure, karenanya saya memilih nama The Gosong Junkies), dan yang terbaru adalah Freeletics Makassar (I was the co-founder of Freeletics Makassar, along with Mas Sarsongko Wachyutomo).

The Gosong Junkies!
The Gosong Junkies!
Freeletics Makassar
Freeletics Makassar. Further info: Fanpage FB

Nah, tapi namanya juga cuma pegawai yang saat kontrak kerja ‘terpaksa’ menandatangani pasal jebakan “siap ditempatkan di mana saja” maka satu persatu harus pindah ke kota lain. Ada yang kembali ke ibu kota, ada yang ke daerah asal, ada juga yang pindah ke kota lain, atau promosi ke unit lain.

Setiap perpisahan pasti sedih kan. Yang tadinya kemana- mana bareng, harus buat janji dan cuti bareng biar bisa ketemuan. Yang tadinya ngobrol bisa kapan saja, sekarang kalau ngobrol harus telponan, yang kadang musti hah heh hah heh karena sinyal jelek.

Biasanya kami menghadiahkan sesuatu kepada yang akan pindah sebagai kenang- kenangan yang harapannya bisa jadi pengobat rindu kepada kami. Tapi, kadang- kadang ide mau-kasih-apa suka mentok aja gitu.

Nah, saya mengumpulkan beberapa jenis barang pernah kami diberikan sebagai souvenir perpisahan:

  1. Mozaic Photo

Idenya adalah membuat sebuah foto-biasanya foto portrait- yang disusun dari ratusan atau bahkan ribuan foto- foto yang lain. Jadi kalau dilihat sekilas cuma foto portrait biasa, tapi kalau dilihat dari dekat ternyata banyak foto-foto kecil di matanya, di hidungnya, di mulutnya, di telinga, kaos, dll. Keren kan ya. hehe

Photo mozaic buat Aji
Photo mozaic buat Aji

Seperti yang kami buat ini foto portraitnya adalah foto orang yang mau pindah, sedangkan elemen penyusunnya adalah foto- foto kami. Dan kebetulan pas dikasih, orangnya pake kaos yang sama dengan yang di foto. LOL.

  1. DIY Craft

Ada beberapa jenis DIY craft yang pernah kami buat. Idenya biasanya diambil dari pinterest atau instagram. Ini beberapa contoh ide DIY craft yang saya ambil dari pinterest :

 

Sumber: Pinterest
Contoh DIY Craft. Sumber: Pinterest

Yang saya suka kalau memberikan DIY craft ini adalah adanya sentuhan personal dari teman- teman yang pastinya tiap orang bakalan beda- beda. Dan, efeknya biasanya bisa bikin terharu, ketawa- ketawa happy, sampai bisa juga malah nangis saking terharunya.

Contohnya, kemarin saya buatkan sebuah rangkaian foto yang ditempel di kertas, di setiap lembar belakang kertas, ada cap bibir teman- teman (termasuk yang cowo juga saya pakein lipstick hahaha) disertai pesan kesan untuk yang mau pindah.

Ada juga teman saya yang hobi bikin craft dari kain flannel. Pokoknya kalau DIY craft ini tanpa batas deh, idenya bisa macam- macam, bahannya bervariasi, bisa disesuaikan dengan kesenangan, budget dan waktu tentunya.

  1. Aksesoris

Kalau lagi nggak ada waktu sama sekali, biasanya lebih prefer beli barang jadi. Aksesoris menurut saya adalah barang yang lumayan bisa jadi alternative mulai dari kalung dan gelang unik, jilbab, mug lucu, bros, dll.

Kalau malas cari langsung di toko offline, banyak kok toko online yang jual benda- benda lucu ini, misalnya Zalora Indonesia. Sambil tiduran, sambil makan, sambil nonton tivi juga bisa milih- milih kadonya, klik- klik beberapa kali, beres sudah. Tinggal tunggu pak pos nganter barang sampai di rumah 🙂

  1. Buku

Bisa juga kasih buku sebagai kado perpisahan. Buku yang seperti apa, bisa disesuaikan dengan kesukaan atau kondisi terkini si orang yang mau pindah. Kalau dia lagi galau kebelet nikah, kasih aja buku tentang serba serbi pernikahan. Kalau dia lagi galau tentang pekerjaan, kasih aja buku tentang passion and proffesion. Atau mungkin dia tahun depan berencana traveling ke Turki, bisa juga kasih Lonely Planet edisi Turki. Atau doi lagi tertarik food photography, boleh lah ya kasih buku tentang food photography.

Saya pernah ninggalin buku ‘HIdup Sederhana’ nya Desi Anwar di Homestay Lantigiang tempat saya nginap di Pulau Selayar. Kebetulan pas di samping homestay ada kafe Tempat Biasa yang dikelola sama pak haji pemilik homestay. Kafe TB ini lumayan ramai oleh para divers, orang lokal atau pelancong yang sedang main ke Selayar.Tapi karena nggak ada toko buku yang lengkap di sana, spontan saja saat pamitan saya kasih buku yang bahkan belum selesai saya baca itu ke pak haji, lumayan kan bisa untuk tambah- tambah buku bacaan di kafe. Hehe.

Sedangkan, untuk teman sekantor yang mau pindah, biasanya kami kumpulkan uang lalu dibelikan barang- barang tertentu. Namanya juga iuran sekantor ya, jadi kan yang terkumpul bisa banyak tuh. Kadang dibelikan perhiasan emas seperti cincin, gelang, kalung ( emas di Makassar terkenal bagus lhoh, kadarnya tinggi rata-rata 90an %, dan saya suka yang handmade, biasa disebut emas Kendari. Desainnya cakep- cakep. Hehe). Atau dibelikan sepatu, jam tangan, atau tas, jadi kantor baru- sepatu baru ni ye…hehehe

Kalau kamu, biasa kasih apa buat temen yang mau pindah? Share yuk, buat tambah- tambah ide. Sebentar lagi pasti ada yang mau pindah deh 😦

 

 

 

 

Advertisements

10 thoughts on “Ide Untuk Suvenir Perpisahan

  1. Benar, ketika jauh dari keluarga, membentuk keluarga baru adalah solusi yang tepat. Dan rasa memiliki seringkali lebih terasa saat perpisahan terjadi.
    Penasaran dengan mozaic photonya 🙂

    1. Iya pak, klo mau pindah rasanya pasti berat deh ninggalin temen2 yg uda kayak keluarga ini.
      Foto mozaiknya spt yg di gmbr pak, klo dilihat sekilas g kliatan klo itu disusun dari ribuan foto

  2. Keren buat mozaic potonya!
    Pasal “ditempatkan dimana aja” selalu jd momok ya, hihi, sama nih..
    Kalo gw suka gak kreatip, paling banter ngasih karikatur pesenan atau batik, hiks

    1. Iya mb itu momok bgt ya. Aplg klo cakupan area kerjanya ampe yg pelosok2 gitu ya. Hiiiii.

      Saking seringnya ‘melepas’ temen, jd pgnnya yg dikasih beda2 gt mb. Hehe.
      Seru jg mb bikin diy, krn sentuhan personalnya itu. Aplg kan kita bikin brg2, prosesnya jg seru, trs yg nerima pasti seneng bgt tuh. Klo inget kita semua org kantoran yg plgnya malem2, msh smpt jg bikinin kado perpisahan. Hehehe.
      Umm tp mgkn lain cerita klo uda pd berkluarga, brhbg disini kbykan msh single jd ya sempet bikin begituan mb. Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s