Freeletics Makassar

“Do something that your future self will thankyou for”  – Anonymous-

Siapa sih yang nggak pengen punya tubuh sehat, apalagi kalau berbonus perut seksi kotak- kotak, yah minimal nggak punya tas pinggang yang musti dibawa kemana- mana lah ya (baca; perut buncit).

Apalagi kalau liat foto- foto kaum urban di instagram sambil pamer perut rata atau otot kekarnya, kadang tanpa sadar kita berujar,‘’oh my, I am really craving for that abs!” Kemudian, menatap nanar perut sendiri sambil nyentil, ‘bikin malu aja!”. hehehe

Nah, saya mau mengenalkan Freeletics, sebuah jenis olahraga baru yang bisa menjadi ’salah satu’ sarana untuk mewujudkan hidup sehat berbonus perut seksi atau lengan berotot kamu!

Well, I don’t promise that sexy abs or bikini body will be an instant result. It depends on your determination and hardworks 🙂

Jadi, apa itu Freeletics dan Freeletics Makassar?

Freeletics adalah olahraga yang dikenalkan oleh Andrej Matijczak, Joshua Cornelius dan Mehmet Yilmaz pada tahun 2013 di Munich – Jerman, yang mana kemudian mereka membuat aplikasi dan memasukkan menu-menu latihan kedalamnya, sehingga jadilah aplikasi freeletics yang kita kenal sekarang.

Freeletics. Sumber gambar dari sini
Freeletics. Sumber gambar dari sini

Bagi pengguna android dan iOS, aplikasi Freeletics bisa diunduh di app store dan playstore. Atau bisa juga mencoba menu latihan di www.freeletics.com. Bentuk olahraga dari freeletics adalah gabungan dari body weight training (latihan beban tanpa beban tambahan dan hanya menggunakan berat badan sendiri) dan high intensity internal training (latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu) yang membuat pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

Nah, Freeletics mulai masuk ke Indonesia pada 2013 dipelopori oleh Andien Aisyah (iya Andien yang penyanyi itu) bersama beberapa orang lainnya yaitu Ippe, Opaz, dan Kris. Mereka kemudian membentuk Freeletics Jakarta yang kemudian menginspirasi gerakan yang sama di berbagai kota besar di Indonesia seperti di Bandung, Samarinda, Denpasar, Sukabumi, dan termasuk Makassar.

Setelah berkoordinasi dengan Kris dari Freeletics Jakarta, Mas Sarsongko Wacyutomo aka Mas Angki dan saya sepakat untuk membentuk Freeletics Makassar. Pada tanggal 30 Agustus 2014 diadakanlah “Sweat Camp” pertama yang kemudian ditetapkan menjadi hari lahir Freeletics Makassar.

Semangat kami waktu itu adalah agar bisa hidup lebih sehat serta mengajak masyarakat Makassar untuk sama-sama hidup sehat tapi tanpa mengeluarkan biaya mahal. Yap, yang kita butuhkan hanya sedikit waktu luang, niat kuat, serta semangat untuk hidup sehat. Kita tak perlu membayar gym, atau menyewa jasa personal trainer yang pastinya tidak murah. Freeletics bisa dilakukan di kamar, halaman rumah, taman, lapangan, dimanapun yang kamu mau!

Apa saja kegiatan Freeletics Makassar?

Kegiatan utama Freeletics Makassar adalah melakukan Sweat Camp setiap hari Sabtu pagi jam 6.30 sampai selesai. Ada beberapa lokasi yang kami pilih yaitu di depan Menara Bosowa Jl. Sudirman, Anjungan Pantai Losari, dan tribun lapanagan Karebosi. Sengaja kami pilih tempat yang bervariasi agar tidak bosan serta sebagai salah satu cara untuk mengenalkan freeletics kepada masyarakat yang kebetulan sedang berada disekitar tempat sweat camp.

Sweat Camp merupakan ajang latihan bersama para free athlete (sebutan bagi para penggiat Freeletics) dengan menu latihan yang telah ditentukan. Tujuan dari sweat camp adalah untuk mengevaluasi gerakan yang belum sempurna (terutama untuk para pemula), serta untuk  saling memotivasi para free athlete dalam mencapai goal mereka.

Bagi teman- teman pemula, tidak perlu takut atau minder ya. Tidak ada paksaan harus menyelesaikan seluruh menu dengan sempurna. Semua dapat disesuaikan dengan kemampuan masing- masing kok. Dan teman- teman yang sudah senior pasti membantu dengan senang hati. Every single thing must be hard at the first time, no? 🙂

Yap! Ini dia bagian paling asik dalam sweat camp: saling memotivasi! Banyak orang yang mengeluh mereka lebih cepat menyerah karena tidak ada partner workout bareng; atau merasa workout kerasnya seperti tidak membuahkan hasil. Jangan menyerah, bisa jadi pola latihannya kurang tepat, atau asupan makanan belum sesuai kebutuhan. Di sweat camp, kamu bisa berbagi masalah atau berbagi tips lho, atau berbagi sarapan sehat juga sangat dianjurkan. hehe.

Salah satu kegiatan Sweat Camp Freeletics Makassar
Salah satu kegiatan Sweat Camp Freeletics Makassar

Diharapkan selain bergabung dalam sweat camp, para free athlete juga bisa melakukan latihan freeletics sendiri menggunakan aplikasi Freeletics dengan menu latihan sesuai preferensi atau goal yang ingin di capai.

Ini dia beberapa video transformasi para free athlete yang berhasil mendapatkan bentuk badan impian melalui freeletics. Ingat ya, it depends on your determination and hardworks 🙂

Bagaimana Cara Bergabung dengan Freeletics Makassar?

Thanks to social media, Freeletics Makassar is going viral! Dalam waktu singkat, kegiatan Freeletics Makassar mulai dikenal luas oleh masyarakat Makassar terbukti dari peningkatan peserta sweat camp dari minggu ke minggu.

Setiap orang bisa bergabung dengan Freeletics Makassar! Caranya sangat mudah, datang saja saat sweat camp berlangsung dengan mengenakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman, bawa air minum, dan handuk. Jika punya matras (bisa matras yoga atau matras untuk naik gunung) sebaiknya dibawa. Dan, tidak dipungut biaya pendaftaran 🙂

Sebaiknya, sebelum bergabung bisa mendownload aplikasi Freeletics atau melihat di youtube/ website resmi freeletics agar mendapat gambaran latihan yang akan dijalani.

Freeletics Makassar after Saturday Sweat Camp
Freeletics Makassar after Saturday Sweat Camp

Untuk Info lebih lengkap mengenai jadwal Freeletics, dapat dilihat di fanpage FB (Freeletics Makassar), twitter (@freeleticsmks), dan instagram (@freeleticsmks). Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat di email ke freeletics.makassar@gmail.com.

Bagaimana dengan Freeletics di kota lain ?

Saat ini sweat camp juga dilaksanakan oleh komunitas freeletics di kota lainnya. Jika berminat, silakan pantau/ hubungi mereka di : IG/ instagram @freeleticsjkt (Freeletics Jakarta/ 08179999217/ 0811966686/ freeleticsjkt@gmail.com); IG @freeletics_bdg (Freeletics Bandung/ 0811203627/ 081221882144) ; IG & twitter  @freeleticssub (Freeletics Surabaya/ freeletics.surabaya@gmail.com); IG @freeletics_smd (Freeletics Samarinda/ 081347665738) ; IG @freeleticsbali (Freeletics Bali/ 08172362867) ; IG @freeleticsukabumi (Freeletics Sukabumi) ; IG @freeleticsfkundip (Freeltics Semarang/ 089697555548/ freeleticsfkundip@gmail.com)

Jadi, tunggu apalagi, ‘do something that your future-self will thank you for ! ‘’ Anggap saja sedikit waktu yang kamu luangkan untuk berolahraga menjadi investasi masa depan yang akan sangat berharga saat kesehatan menjadi hal yang paling mahal 🙂

 

PS : Terimakasih kepada teman- teman media  di Makassar (Fajar, Tribun Timur, Celebes Online, Ve Channel, Bosowa Radio, Venus Radio, I Radio, dll) yang telah membantu mempublikasikan kegiatan Freeletics Makassar 🙂

Salah satu publikasi mengenai Freeletics Makassar bisa dilihat disini.

 

Advertisements

11 thoughts on “Freeletics Makassar

  1. keren iiihhh, aku masih cemen liat menunya kayaknya berat banget x_x padahal bagus banget tuhh buat shaping badan yang udah ambyar kemana-mana. Kalo cuma lari doank gak bisa shaping soalnya

    1. Iya mb, ak suka salut n seneng jg respon tmn2 di makassar bagus bgt. Lumayan ya, tiap weekend pg olahrg bareng + ktmu tmn2 baru.

      Squat klo uda repetisi byk bikin dengkul serasa mau copot ya mb. Haha.

  2. Nasip gak pake smartphone *heh hari gini hehe*
    Dan di Palembang belom ada ya >.< aku masih OCD aja, memang ada perkembangan tapi lambat.*maklum pola makannya masih acak adut*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s