4 Rekomendasi Kafe Outdoor di Jogja

Beberapa tahun belakangan ini, kota Yogyakarta dibanjiri oleh kafe, kedai, dan restauran yang mengusung berbagai konsep yang bervariasi dan menarik. Kota pelajar yang identik dengan kehidupan anak muda dan mahasiswa ini memang menjadi pasar potensial bagi para pebisnis kafe/ restauran.

Nah, saya sendiri lebih suka kafe yang memiliki ruangan outdoor, ada pohon/ tanaman, sehingga kesannya lebih santai, seger dan nyaman. Saya kurang suka dengan kafe yang sempit, atapnya pendek, kursinya dempet- dempet. Karena saya biasa berjam- jam duduk baca buku, internetan, atau belajar, makanya, memilih tempat yang asik jadi factor utama. Nah, ini dia beberapa kafe/ restoran outdoor favorit saya di Jogja:

 1. Nanamia Pizzeria Tirtodipuran

Jl. Tirtodipuran- Prawirotaman sudah lama dikenal sebagai kantong- kantong backpacker asing di Jogja. Tak heran jika di sepanjang jalan ini berjejer kafe dan restoran berkonsep unik yang menawarkan ragam menu Indonesia dan Barat.

Nanamia
Nanamia Pizzeria Tirtodipuran
Nanamia Pizzeria adalah salah satu tempat favorit buat saya. Bukan cuma makanannya yang delicioso banget , tempat dan suasananya juga bikin betah berlama- lama duduk- duduk santai.

Nanamia Tirtodipuran adalah cabang kedua setelah cabang yang pertama di Jl. Moses Gatotkaca, Mrican. Di kedai yang kedua ini, Nanamia sengaja menciptakan suasana santai seperti di kebun belakang rumah dengan deretan kursi kayu yang ditata dengan apik. Tunggu sampai malam tiba, maka suasana makin romantis dengan lilin di meja dan kerlip temaran lampu kuning!

Nanamia
Suasana Malam di Nanamia Tirtodipuran

Nanamia
Kursi- kursi di Nanamia
Menariknya lagi, Nanamia juga menghadirkan layar tancap film- film box office setiap selasa dan minggu malam. Kebayang kan, serunya nonton layar tancap sambil makan pizza di udara terbuka!

Kafe yang mengusung slogan β€˜traditional pizza for modern people’ ini menyajikan berbagai macam menu ala Italia mulai dari antipasti, salad, pizza, pasta, panini sampai dessert seperti pannacotta, dan cheese cake pun ada. Kebetulan saya nggak terlalu suka pizza dengan topping rame, maka pizza margherita tetap jadi menu favorit saya. Calzone dan cannelloni isi tunanya juga yummy!

Nanamia
Lasagna dan Cannelonni

Nanamia
Calzone ala Nanamia

Nanamia
Blueberry lassi, paling favorit!
Minuman favorit yang selalu saya pesan adalah blueberry lassi, rasanya segar sekaligus cocok menetralkan rasa eneg setelah menyantap makanan Italia yang biasanya creamy dan berlimpah keju. Oh ya, di Jogja masih jarang kafe/ resto yang menyajikan minuman lassi lho!

Nanamia Pizzeria Tirtodipuran

Jl. Tirtodipuran No.1, Yogyakarta 0274-450826

  1. Cinema Bakery Prawirotaman

Masih di sekitaran Prawirotaman, ada Cinema Bakery yang menyajikan produk French bakery berkualitas tinggi, tak lain karena chef nya memang asli orang Prancis. Seperti cabang Cinema Bakery di Jl. Urip Sumoharjo, kafe ini unik dengan desain poster- poster film box office, dan tentunya ruangan outdoor yang sejuk di mata. Walaupun tidak terlalu luas, tapi duduk di bagian luar sambil menyeruput kopi dan pastry-nya lumayan relaxing kan.

Cinema Bakery Prawirotaman
Ruang terbuka di Cinema Bakery Prawirotaman

Cinema Bakery Prawirotaman
Kursinya bikin males. hahaha.

Cinema Bakery Prawirotaman
New York!

Cinema Bakery Prawirotaman
Kursinya keren ya

Cinema Bakery Prawirotaman
Makan salad, biar sehat
Selain kue dan pastry, Cinema Bakery juga menyediakan menu utama seperti pasta, dan ada menu khusus untuk breakfast. Saya prefer datang lebih pagi karena kafe belum terlalu ramai. Saat jam makan siang, biasanya ramai banyak turis- turis bule yang jajan kesini. Sayangnya tempat ini cuma satu, nggak ada tempat untuk sholat.

Oya, satu lagi, setelah jam 8 malam, pastry nya diskon 50% lho!

Cinema Bakery

Jl. Prawirotaman 1 No. 2, Yogyakarta

  1. Abhayagiri Restaurant

Nah, restoran yang satu ini sudah kondang sekali di telinga turis- turis dari luar Jogja. Setiap pengunjung yang kemari pastilah berharap bisa menyaksikan pemandangan fenomenal Candi Prambanan berlatar Gunung Merapi.

Abhayagiri Restaurant
Yang Paling dicari dari Abhayagiri
Restaurant yang memang berkonsep fine dining ini memang menjual view yang hanya bisa ditemui di kota Jogja, tak heran pemiliknnya berani memasang harga di atas rata- rata. Sayang saat saya kesana, Merapi sedang tertutup awan.

Menu yang disajikan tidak terlalu banyak, baik untuk minuman dan makanannya. Tapi, saya merekomendasikan cumi goreng tepung dan jamur goreng tepungnya. Harga memang nggak bohong ya!

Abhayagiri RestaurantAbhayagiri RestaurantAbhayagiri RestaurantAbhayagiri terletak tak jauh dari Candi Ratuboko ini awalnya hanyalah ladang penduduk yang berada di perbukitan. Tanah di sekitarnnya yang memiliki pemandangan serupa masih banyak, tapi saat ini konon harga tanah disana sudah meroket semenjak Abhayagiri dibangun!

Abhayagiri Restaurant

Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Prambanan- Sleman 0274-4469277

  1. Epic cafΓ© & Epilog Furniture

Epic Cafe dan Epilog Furniture menyulap bangunan gudang (warehouse) menjadi ruangan kafe berkonsep industrial yang lega sekaligus showroom barang- barang furniture untuk interior ruangan. Selain ruangan indoor, juga terdapat area outdoor di samping kanan dan kiri showroom.

Epic Cafe n Epilog Furniture

Epic Cafe n Epilog Furniture
Epic Cafe n Epilog Furniture
Epic Cafe n Epilog FurnitureKalau tak kebagian kursi di area outdoor, di dalam juga oke karena bangunannya desain gudang yang atapnya tinggi sehingga tampak luas dan lega. Plus ada pemandangan tambahan dari jejeran furniture- furniture buatan Epilog Furniture. Ssst, ati- ati kalap! Kan ngga lucu, niatnya mau ngopi pulangnya bawa lemari. Hehe.

Epic Cafe n Epilog Furniture

Epic Cafe n Epilog Furniture
Nachos ala Epic
Dari sisi harga, Epic cafe rupanya berani menentang arus. Kota Yogyakarta dengan statusnya sebagai kota pelajar memang terkenal dengan harga- harga makanan yang murah meriah dan bersahabat dengan kantong mahasiswa. Tapi Epic berani memasang harga diatas rata- rata dengan sajian yang tentunya berkualitas di atas rata- rata. Epic juga menjual kopi- kopi premium dari berbagai daerah di Indonesia lho!

Epic Cafe & Epilog Furniture

Jl. Tentara Pelajar No. 29, Yogyakarta (Utara hotel Hyatt)

Kalau kamu punya rekomendasi kafe di Jogja? Cerita yuk!

Advertisements

11 thoughts on “4 Rekomendasi Kafe Outdoor di Jogja

  1. ahhh..jogja istimewa bener, sekarang banyak terbalut oleh cafe cefe outdoor modern dengan menyajikan latar belakang yang masih tradisional.. seperti abhayagiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s