Yoga di Yogya

Yoga di Yogya

Hampir enam bulan sejak kembali ke Yogyakarta, saya jarang sekali olahraga, bahkan sekedar lari pagi saja malasnya minta ampun. Awalnya sih semangat banget mau cari studio yoga di Yogya. Tetapi seiring berjalannya waktu, niat mulia itu tersisihkan, terganti oleh proses adaptasi kantor baru yang lumayan menguras tenaga, pikiran, dan hati, ajakan kumpul- kumpul teman lama, dan godaan untuk duduk manis di kafe- kafe yang bertebaran di hampir setiap sudut Jogja.

Kenapa saya insist untuk ikut yoga lagi, tidak lain karena saya merasakan efek positif setelah ikut yoga. Saya juga kurang cocok dengan olahraga yang heboh macam zumba atau aerobik. Saya lebih menikmati momen saat saya berlatih pernapasan dan olah tubuh dengan suasana tenang dan gemericik air.

Jangan khawatir kalau sekali ikut yoga badan langsung pegel macam habis dipukulin. Saya pun sering begitu kalau lama nggak yoga, rasanya selama dua hari badan kok ya buat gerak aja sakit. Hal tersebut adalah reaksi normal, dan akan berkurang jika makin teratur yoga. Setelah mulai ikut yoga saat di Makassar, saya merasakan tubuh saya makin bugar, nggak gampang sakit, dan juga jadi lebih tenang/ kalem secara emosional *senyum lebar*. Working in an office full of dramas and having colleagues who can drive you crazy and  tear you into pieces give you a huge chance to lose your sanity. Correct? And I found out that yoga is a way to keep my sanity stay still πŸ™‚

Oh ya, yoga juga bisa membuat badan jadi lebih lentur, jadi bisa tambah- tambah gaya buat foto. Hehehe. Saya pengen deh yoga underwater macem mbak Brittanyy Turbridge *fingercrossed*.

Yoga di Yogya
Yoga
Sebenarnya ada lumayan banyak tempat yoga di Yogyakarta, tinggal kita sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal, budget, dan waktu. Berhubung status saya masih sebagai mbak- mbak corporate slave kantoran yang setiap weekdays harus berangkat pagi pulang (minimal) setelah magrib, maka waktu adalah kendala utama saya. Saya cuma punya pilihan ikut kelas malam atau di sabtu pagi (minggu biasanya nggak ada kelas). Nah, kalau sudah malam maka waktu juga menjadi tambahan kendala. Males juga ya kalau tempat yoganya jauh. Begitu sampai eh ternyata sudah sampai ke gerakan inti kan jadi susah ngikutinnya.

Yoga di Yogya
Yoga di Yogya
Setelah googling kesana- kemari akhirnya saya mendapatkan beberapa tempat yoga yang sesuai dengan pertimbangan di atas, yaitu:

  1. Optimum Fitness and Cafe

Tempat fitness ini selain menyediakan peralatan fitness tentunya juga menyelenggarakan berbagai kelas olahraga seperti yoga, zumba, brazilian jiujitsu, muaythai. Masing- masing kelas ada harga dan jadwalnya, untuk lebih jelasnya bisa hubungi kontaknya.

Saya tertarik karena Optimum mengadakan kelas yoga setiap hari Sabtu jam 9 pagi dengan bayar Rp.40ribu/orang, plus lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal saya. Ruangannya cukup luas, disediakan matras dan tali, tapi tidak ada balok. Instrukturnya bernama mb Yaya yang enak cara mengajarnya. Menurut saya, memilih instruktur yang oke adalah salah satu elemen penting untuk menentukan pilihan tempat yoga. Kalau kamu masih pemula atau sudah mahir pun bisa mengikuti kelas di sini.

Optimum Fitness & Cafe Jl. RW Monginsidi No. 39, Yogyakarta, Telp. 0274 587377 (belakang Borobudur Plaza Jl. Magelang)

  1. Glow Studio

Instruktur di Glow Studio juga mbak Yaya, jadwal kelas malam diadakan setiap Selasa dan Jumat jam 18.30. Tetapi kalau mau datang sebaiknya konfirmasi dulu ke mbak Yaya (no telp 087838350034) karena kadang kelas ditiadakan jika murid/ instrukturnya berhalangan hadir.

Glow Studio Jl. Langensari No. 43 B Yogyakarta (0878-3835-0034)

Selain 2 tempat yoga di atas, masih ada beberapa tempat yoga mau saya coba di Yogyakarta, antara lain:

  1. Balance Mind Body and Soul- http://www.balanceyogajogja.com/

Kelas yoga di BMBS dibagi menjadi kelas yang lebih spesifik, seperti Yoga for women’s health, Yoga for Healthy Spinal, Prenatal Yoga for Gentle Birth, Yoga for Special Need Children, Yoga for Computer addict, ada juga slimming programnya. Lengkap!

Kabar baiknya, ada Yoga gratis setiap hari minggu jam 06.15 pagi di Yap Square! Gratis bok… cusss berangkat!!

Balance Mind Body and Soul – Komplek Hotel Puri Artha, Jl. Cendrawasih 36 Demangan, Yogyakarta 0274 566717 / 0819 0404 0727

  1. Via-Via Jogja- http://www.viaviajogja.com/yoga.php

Nah ini salah satu tempat favorit di Prawirotaman (lain kali saya bikin reviewnya deh) yang ternyata juga mengadakan kelas yoga setiap hari (kecuali hari Minggu) dengan fokus pada Hatha yoga dan Vinyasa yoga. Biaya per 1x kelas Rp. 60 ribu, atau bisa juga mendaftar menjadi member.

Via-Via Jogja Jl. Prawirotaman 30, Jogjakarta. Phone: +62 274 386557

  1. Yogakarta- http://www.yogakarta.com/

Yoga di Yogakarta tempatnya berpindah- pindah sesuai jadwal. Ada yang di Tentrem hotel, Jogja Plaza Hotel, LAF Garden, Getfit Fitness Center, dan Pendhapa Art space. Harga persesi nya juga tergantung dengan tempatnya.

 Yogakarta- e-mail: Info@yogakarta.com/ phone:+6285726821331

  1. Greenhost Hotel- http://greenhosthotel.com/

Hotel baru di kawasan Prawirotaman ini ternyata juga mengadakan kelas yoga setiap hari Selasa dan Rabu jam 6-8 malam. Oya, hotel yang mengusung konsep eco-friendly boutique hotel ini benar- benar unik lho. Jadi Greenhost sedang mengembangkan hidroponik beberapa jenis tanaman hijau untuk konsumsi sendiri dan dijual untuk umum. Greenhost juga sering menjadi host untuk pameran start-up art business sekaligus menyediakan co-working space, itu lho ruang kantor bersama yang bisa disewa. Greenhost sering juga mengadakan banyak sekali event- event seru seperti kelas hidroponik, kaligrafi, menjahit, greeting card, book binding, dll. Pokoknya yang kreatif dan Jogja banget ada di sini. Seru banget kan ya, bisa jadi alternatif baru kegiatan liburan di Jogja nih. Saya pengen banget ikut kelas hidroponiknya J

Greenhost Boutique Hotel
Jl. Prawirotaman II No. 629 Brontokusuman Yogyakarta
Phone:+62274 389 777

Oya, kalau ada yang mau coba yoga sendiri, bisa download video di youtube misalnya video nya Tara Stiles, instruktur yoga asal AS yang lumayan gampang diikuti.

Ada yang suka yoga di Yogya?

13 thoughts on “Yoga di Yogya

  1. Banyak ya tempat yoga di Yogyakarta :hehe, tinggal kitanya saja menyesuaikan dengan jadwal atau jenis yoga yang ingin kita lakoni. Terima kasih buat rekomendasinya :hoho. Sekarang sudah ada di Yogya Mbak? Wah saya lama tak berkunjung kemari, jadi kurang tahu perkembangan :hehe. Mohon maaf ya :)).

      1. Masa gretong mbak kalau minggu pagi ._. cowok ada yang ikut juga? ._.

        Kopdar penulis blogger di jogja kayaknya ada mbak. Komunitas Blogger Jogja biasanya kumpul rabu malem/kamis malem gitu di wolescafe mbak ._. aku belum pernah ikut. mbak Aqied yang pernah kumpuuul πŸ˜€

Leave a Reply

