Perihal Antri

Kamu pernah lagi antri, lalu antrianmu diserobot orang? Tau kan gimana rasanya.
Lalu apa yg km lakukan?
Oke saya akan cerita apa yang saya lakukan.
—-

Antri Dooonk! Gambar dari sini
Antri Dooonk!
                                                                                   Gambar dari sini

Beberapa hari yang lalu, untuk pertama kalinya saya berantem di toilet wanita, dengan orang tak dikenal pula.

Jadi ceritanya, toilet di lantai M tempat kantor saya berada sedang penuh makanya saya ngungsi ke toilet di lantai ground (G). Kantor saya ini berada di sebuah gedung perkantoran, sebut saja namanya Menara Bosowa, di salah satu kawasan perkantoran di Makassar. Jadi pengunjung toilet di lantai bawah ini bisa dari mana saja, baik karyawan maupun tamu gedung.

Toilet di lantai G cuma ada satu bilik saja. Jadi kalau ada yang sedang pakai berarti yang selanjutnya harus antri menunggu giliran.

And the story begins…

Beberapa saat setelah saya berdiri antri di dalam toilet, masuklah seorang mbak- mbak kantoran (sepertinya kerja di bagian sales/ marketing) terlihat dari outfitnya dengan mini dress biru, high heels, dan lipstik menyala (gile masih apal dong haha)- selanjutnya sebut saja mbak baju biru- ikutan ngantri. Asumsi positif saya, mbak baju biru ngerti lah ya kalau saya lagi antri jadi saya g perlu bilang,” antri ya mbak. Abis ini saya baru mbak.”

Ternyata, begitu pintu bilik terbuka, si mbak baju biru tanpa tedeng aling- aling langsung masuk dan menunaikan hajat. Isssssh. Saya terpana. Ini yang antri duluan siapa sih???

Saya berniat ketika mbak baju biru keluar, akan menegurnya. Mungkin tadi dia lelah, eh khilaf. Atau mungkin dia kebelet banget, kalo benar begitu saya yasudahlah paling cuma bisa memaklumi.

Jadi saya berkata, “mbak, lain kali kalau di toilet bisa antri dong.”

Tapi reaksinya sangat diluar dugaan sodara2. Dengan mata mendelik, dia menjawab: “MAKSUD LOOOOOOOOO” – iya O nya sepanjang antrian busway kalau jam pulang kantor.

Hmmm, cari perkara si mbak ini. Dengan spontan saya menjawab: “MAKSUD NGANAAAAAAAA! Mbak ngga liat tadi saya berdiri antri duluan disitu. Mbak ngga tau apa yang namanya antri”

Dengan suangat kesal saya masuk bilik, dan si mbak baju biru mengeringkan tangan di mesin hand drier sambil masih ngomel entah apa- kalah dengan suara hand drier, sepertinya merutuki saya.

Belum selesai sampai disini, saat si mbak baju biru keluar toilet (saya masih didalam bilik), dia membanting pintu sambil berkata, ” MAKANYA JADI ORANG JANGAN LELET!”

WHATTTTTTTT???? Lelet??? Mbakkk, sini deh, aku jambak- jambak rambut panjangmu sampe rontok ya?!!

Mungkin mbak ini waktu SD keseringan ijin ke toilet kali ya, jadi waktu guru PPKN nya ngajar tentang bab ‘mengantri’ dia gak pernah tahu apa dan bagaimana itu antri. Hmm.

Omaigad. Seingat saya, perihal antri ini termasuk dalam norma sosial bermasyarakat yang paling basic ya.

Antri mungkin memang bukan hal besar. Antri itu perihal mendasar tentang menghormati hak orang lain di ranah publik. Tapi dengan melihat cara seseorang antri, saya bisa mendapat sedikit gambaran seperti apa kualitas diri seseorang 🙂

Sorry to say mbak, tapi dengan mini dress, high heels dan lipstik menyalamu itu gak lantas membuat kamu menjadi seksi kalau untuk perilaku sesederhana antri di toilet saja kamu abaikan.

— sekian kisah saya siang ini di toilet dengan mbak baju biru tak dikenal–

21 thoughts on “Perihal Antri

    1. Aku klo ktmu sama orang2 yang udah salah, susah dibilangin pula, bikin emosi naik, jadi reflek ngomong ‘bodoh/ goblok’ deh 😦
      Tp mmg kejadian kyk gini srg dialamin sm temen2ku jg mbak di makassar, antrian di atm, kasir, toilet. Cuma baru ini yg reaksi orangnya ditegur mlh nyolotnya g ketulungan

    1. Masalahe ak uda kadung kebelet pipis mbak. Hahaha. Nauudzubillah bgt ya kelakuan, pikiranku lgsg jahat. Sok cantik, sok seksi tp kelakuan nolll besar 😦
      Btw to mbak, kmrn ak makan bakso tusuk depan athirah. Enak. Hahaha. Jamanmu uda ada blm mb?

  1. paling sebel deh sama orang yang model kayak gini, apalagi udah tau ada orang antri. paling sebel juga sama orang yang udah tau ada antrian ehh tau2 nyelonong nunggu di depan pintu toilet, woooii antriannya disini woooiii. Masih kebiasaan sih pada suka antrinya depan pintu toilet

    1. Hai mb tjetje, mksh yah uda mampir 🙂

      Iya ni mb, slh satu yg ak krg suka sm kbiasaan org di makassar (no offense ya) adl kbiasaan antri ini. Aplg klo di indo*aret kerfur begitu2, suka disrobot ibu2, di atm jg, antri taksi jg. Smg sgr ada perbaikan ya.
      Pemkot yg baru lumayan menggebrak nih, uda bikin gerakan ‘makassarta’ tidak rantasa (makassarmu g jorok), ada sampah lgsg ambil’ ; brati pemerintah uda sadar dan mau memerangi kbiasaan buruk warganya. Smg perihal antri jd yg slnjtnya ya.
      *kok jadi pjg bgt hehe. Anaknya gemar cerita 🙂

      1. Di Jakarta juga sama, apalagi di Indomaret. Aku bolak balik negur orang supaya ngantri termasuk negur kasir yang ngelayani. Semoga negara dan penduduk Indonesia semakin maju ya.

Leave a Reply

